RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah
Indikator : Memberikan contoh pengertian generalisasi, periodisasi,
dan kronologi
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Menjelaskan pengertian generalisasi, periodisasi, dan kronologi
- Mendeskripsikan suatu kejadian termasuk ke dalam generalisasi, periodisasi, dan kronologi sejarah
- Memberikan contoh tentang generalisasi, periodisasi, dan kronologi
“ Nilai Karakter Bangsa :
§ Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin), Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian generalisasi, periodisasi, dan kronologi
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, pemberian tugas penyusunan kronologi dan peta konsep, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah | · Buatlah periodisasi hidup Anda sejak lahir sampai saat ini dalam bentuk garis waktu pada selembar kertas | · Siswa dapat Menyusun periodisasi hidup sejak lahir sampai saat ini dalam bentuk garis waktu. |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menayangkan gambar pertumbuhan manusia dari bayi sampai dewasa disertai dengan peristiwa yang dialami manusia tersebut dan menanyakan kepada siswa maksud dari gambar tersebut.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Guru menjelaskan materi generalisasi, periodisasi, dan kronologi (hal 14 – 18).(nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
· Guru memperlihatkan contoh kronologi dari peristiwa-peristiwa bersejarah di Indonesia (skema hal 17).(nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Peserta didik menyusun periodisasi hidup sejak lahir sampai saat ini dalam bentuk garis waktu pada selembar kertas (Aktivitas hal 18). (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
· Tanya jawab tentang generalisasi, periodisasi, dan kronologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.)
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
· Menarik kesimpulan materi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
E. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA -
- Buku sumber Sejarah SMA – (hal 14 – 18)
- Peta konsep
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
· Portofolio dengan menyusun periodisasi hidup
Penilaian peta konsep
Format Penilaian Penyusunan Periodisasi Hidup
|
Nama Peserta Didik | Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
| Struktur/logika dan keakuratan penulisan periodisasi hidup | | | |
| Orisinalitas periodisasi hidup | | | |
| Kreativitas bentuk | | | |
| Penggunaan warna | | | |
| Jumlah Nilai | | | |
Mengetahui, ............, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar