Selasa, 18 Desember 2012

Soal Ujian Akhir Sekolah Sejarah 1a

UAS- SMA-07-01
Sumber sejarah berikut ini merupakan sumber tertulis, kecuali ...
A. relief
B. dokumen
C. kronik
D. babad
E. surat kabar
UAS- SMA-07-02
Meneliti apakah sumber data yang ada merupakan sumber yang asli dan bukannya palsu adalah merupakan bagian dan langkah dalam penelitian sejarah, yaitu ...
A. historiograf
B. interpretasi awal
C. kritik ekstern
D. interpretasi akhir
E. kritik intern
UAS- SMA-07-03
Sejarah sebagai ilmu pengetahuan mempunyai ciri-ciri berikut di bawah ini, kecuali ...
A. menggunakan metode ilmiah
B. kronologis
C. merupakan hasil eksperimen
D. sistematis
E. objektif
UAS- SMA-07-04
Tradisi folklore sebagai kebudayaan meniiliki ciri-ciri pengenal sebagai berikut, kecuali ...
A. biasanya anonim
B. pralogis
C. menjadi milik bersama
D. diturunkan secara lisan
E. sesuai dengan logika ilmu pengetahuan
UAS- SMA-07-05
Rekaman tertulis tertua yang menunjukkan tradisi sejarah pada masyarakat yang sudah mengenal tulisan ditemukan di daerah ...
A. Bogor
B. Gunung Padang
C. Cilincing
D. Kutai
E. Palas Pasemah

UAS- SMA-07-06
Penggunaan alat seperti kapak genggam, alat dari tulang dan tanduk ataupun pebbles diperkirakan berasal dari jenis manusia purba ...
A. Meganthropus Palaeojavanicus
B. Pithecanthropus Robustus
C. Sinanthropus Pekinensis
D. Pithecanthropus Erectus
E. Homo Wajakensis
UAS- SMA-07-07
Fosil manusia purba yang pemah ditemukan di Indonesia dan pernah dianggap sebagai missing link dari teori evolusi Charles Darwin adalah jenis ...
A. Pithecanthropus Robustus
B. Meganthropus Palaeojavanicus
C. Homo Wajakensis
D. Pithecanthropus Erectus
E. Homo Soloensis
UAS- SMA-07-08
Adanya sekelompok orang yang melarikan diri dari India karena dikalahkan dalam perebutan kekuasaan di kerajaan dan kemudian mendirikan kerajaan di Indonesia adalah teori yang menjelaskan masuknya agama Hindu, yang dikenal sebagai teori ...
A. Arus balik
B. waisya
C. asimilasi
D. brahmana
E. ksatria
UAS- SMA-07-09
Contoh dan adanya akulturasi antara agama dan kebudayaan Budha dengan kebudayaan lokal Indonesia adalah dalam seni bangunan yang ditunjukkan pada bangunan ...
A. candi Prambanan
B. candi Mendut
C. candi Borobudur
D. candi Dieng
E. candi Jago

UAS- SMA-07-10
Persentuhan antara India dengan wilayah Nusantara didorong oleh berbagai faktor, salah satu faktor yang paling penting adalah ...
A. banyak suku-suku bangsa di Nusantara yang memiliki tradisi bahan
B. suku-suku bangsa yang bermukim di pesisir sesungguhnya adalah perantau
C. adanya angin musim barat dan timur yang mendorong timbulnya pelayaran
D. timbulnya hubungan dagang antara Cina dengan India melalui jalur pelayaran
E. timbulnya gangguan keamanan pada rute darat jalur perdagangan antara Cina dengan India
UAS- SMA-07-11
Saluran dalam penyebaran Islam yang paling banyak digunakan adalah saluran ...
A. pernikahan
B. kesenian
C. pendidikan
D. tasawuf
E. perdagangan
UAS- SMA-07-12
Proses penyebaran Islam secara intensif mulai abad ke 15 menimbulkan perpaduan budaya, antara budaya asli dan budaya yang dibawa Islam. Salah satu contohnya dalam seni bangunan ditunjuk-kan dalam gambar berikut ini, yang menunjukkan menara dari mesjid ...
A. Jogyakarta
B. Demak
C. Kudus
D. Purworejo
E. Gresik
UAS- SMA-07-13
Sebagai akibat merkantilisme maka muncullah kolonialisme, yang di Indonesia terjadinya ditandai dengan peristiwa ...
A. runtuhnya kerajaan Majapahit
B. jatuhnya Malaka ke tangan Portugis
C. kedatangan armada Portugis di Maluku
D. pertemuan armada Portugis dan Spanyol di Halmahera
E. pendaratan Cornelis de Houtman di Banten
UAS- SMA-07-14
Perluasan aktivitas ekonomi pemerintah kolonial dengan tujuan meningkatkan pendapatan negara induk ditandai dengan kebijakan ...
A. politik etis
B. politik ekonomi liberal
C. cultur stelsel
D. landreform tanah
E. penyerahan wajib dan rodi

UAS- SMA-07-15
Ditetapkannya kebijakan sistem tanam paksa sebagai gagasan dari Johanes van den Bosch dan secara umum diterapkan di Pulau Jawa dilatarbelakangi oleh berikut di bawah ini, kecuali ...
A. pemisahan diri dari Belgia tahun 1830
B. peperangan melawan Diponegoro
C. tersendatnya pelaksanaan sistem pajak tanah
D. sistem perdagangan yang tidak berjalan sepenuhnya
E. beban hutang yang ditinggalkan VOC
UAS- SMA-07-16
Perubahan sistem perekonomian di negeri induk terjadi pada tahun 1850 yang ditandai dengan liberalisasi ekonomi. Perubahan ini dipengaruhi oleh meluasnya liberalisme yang diinspirasikan oleh ...
A. revolusi industri dan revolusi Perancis
B. pembentukan Republik Perancis menggantikan sistem monarki dinasti Bourbon
C. penemuan-penemuan teknologi dan industri di Inggeris
D. pembukaan Terusan Suez oleh Ferdinand de Lesseps
E. pembulatan kekuasaan Inggeris di India
UAS- SMA-07-17
Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan sistem tanam paksa dan politik ekonomi liberal bagi rakyat Indonesia ...
A. rakyat pribumi mengenal ekonomi uang dan berperan serta dalam proses ekonomi dan industrialisasi
B. timbulnya golongan baru dalam masyarakat berdasarkan spesialisasi dan diferensiasi dalam bidang ekonomi
C. merosotnya tingkat kesejahteraan rakyat dan menguatnya struktur masyarakat yang feodalistis
D. eksploitasi ekonomi secara besar-besaran telah melemahkan sendi ekonomi, sosial dan budaya masyarakat
E. munculnya kelompok baru yang bersifat lebih intelek dalam masyarakat
UAS- SMA-07-18
Kebijakan politik etis melalui edukasi menimbulkan berbagai dampak bagi masyarakat pribumi. Dampak yang paling penting ialah ...
A. menggerakkan desentralisasi pemerintahan
B. munculnya golongan terpelajar dalam masyarakat pribumi
C. penghapusan stratifikasi sosial dalam masyarakat
D. mempercepat program industrialisasi di Pulau Jawa
E. tersedianya pegawai pribumi yang terdidik guna keperluan pemerintahan kolonial

UAS- SMA-07-19
Dalam perjuangannya berbagai organisasi pergerakan nasional menempuh caranya sendiri sehingga bersifat moderat atau radikal. Semboyan Indie voor Indiers menjadikannya organisasi yang bersifat nasionalisme radikal dan diwaspadai oleh pemerintah kolonial. Organisasi tersebut adalah ...
A. Indische Partij
B. Tri Koro Darmo
C. Sarekat Islam
D. long Java
E. Partai Nasional Indonesia
UAS- SMA-07-20
Gambar yang ditunjukkan dalam soal ini menunjukkan foto tokoh dari salah satu organisasi pergerakan nasional yang dianggap penting dalam sejarah Indonesia. Tokoh yang duduk di bagian tengah adalah ...
A. Tjipto Mangunkusumo
B. E.F.E Douwes Dekker
C. Suwardi Surjaningrat
D. Iwa Kusumasumantri
E. Mohammad Hatta
UAS- SMA-07-21
Perubahan sikap menjadi nonkooperasi dan bercita-cita memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui pergerakan nasional diilhami dan dipengaruhi oleh manifesto (pernyataan) yang dikeluarkan pada tahun 1925 ...
A. Taman Siswa
B. Indische Partij
C. Partai Indonesia Raya
D. Perhimpunan Indonesia
E. Partai Nasional Indonesia
UAS- SMA-07-22
Keputusan Kongres Pemuda II yang diambil pada bulan Oktober 1928 bersifat penting oleh karena ...
A. gerakan pemuda bersifat radikal dan revolusioner
B. kaum pemuda menjadi pelopor dalam pergerakan nasional
C. menghapuskan organisasi pemuda yang bersifat kedaerahan
D. munculnya kesadaran bersatu yang dipelopori kaum pemuda
E. melebur semua perbedaan untuk mencapai Indonesia merdeka
UAS- SMA-07-23
Motif utama yang mendasari pendudukan militer Jepang atas Indonesia adalah berupa ...
A. membentuk persemakmuran Asia Timur Raya yang dipimpin Jepang
B. membebaskan bangsa-bangsa Asia dari imperialisme Barat
C. sikap superior karena asal usul dan hak istimewa Jepang
D. kebutuhan bahan baku bagi industri Jepang
E. perlunya ruangan hidup yang lebih luas

UAS- SMA-07-24
Dalam rangka menegakkan kekuasaannya di Indonesia, pemerintah pendudukan Jepang mengeluarkan berbagai kebijakan. Salah satu kebijakan yang dikeluarkan di bidang politik adalah ...
A. mewajibkan penggunaan bahasa Jepang
B. melarang penerbitan pers yang menggunakan bahasa Indonesia
C. melarang keberadaan organisasi yang tidak sehaluan dengan Jepang
D. menangkap para pemimpin pergerakan nasional dan menjatuhkan vonis diasingkan
E. membentuk pemerintahan militer di daerah-daerah di bawah komando angkatan darat
UAS- SMA-07-25
Berikut di bawah ini merupakan sisi positif dari pendudukan militer Jepang di Indonesia, kecuali ...
A. pengerahan tenaga manusia yang berlebihan
B. meluasnya penggunaan bahasa Indonesia
C. menebalnya rasa patriotisme rakyat
D. terbukanya isolasi daerah pedesaan
E. keikutsertaan dalam pemerintahan
UAS- SMA-07-26
Kedatangan kembali Belanda di Indonesia sesudah Perang Dunia II diikuti dengan penyelenggaraan Konferensi Malino, Pangkalpinang dan Denpasar oleh Belanda selama kurun waktu 1946 - 1948. Tujuan dari penyelenggaraan ketiga konferensi tersebut adalah ...
A. pembentukan kerjasama ekonomi untuk memulihkan perekonomian Indonesia
B. merumuskan berbagai program kerjasama antara Indonesia dengan Belanda
C. menemukan format yang sesuai bagi pembangunan Indonesia pasca PDE
D. untuk pemecahan secara damai konflik antara Indonesia dengan Belanda
E. pembentukan berbagai negara bagian guna menguasai kembali Indonesia
UAS- SMA-07-27
Pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda pada akhir tahun 1949 tidak dapat dilepaskan dari serangkaian peristiwa yang mengawalinya, yaitu ...
A. agresi militer II Belanda, Konferensi New Delhi, pembentukan UNCI, perundingan Roem Royen dan KMB
B. agresi militer II Belanda, Konferensi Malino, perundingan Roem Royen dan KMB
C. agresi militer II Belanda, Konferensi Pangkalpinang, pembentukan UNCI dan perundingan Roem Royen
D. Konferensi Denpasar, agresi militer II Belanda, Konferensi New Delhi, pembentukan UNCI dan KMB
E. Konferensi Malino, agresi militer II Belanda, Konferensi New Delhi, perundingan Roem Royen dan KMB

UAS- SMA-07-28
Dalam rangka pembangunan ekonomi selepas konflik dengan Belanda dicanangkan program gerakan benteng. Program ini mengalami kegagalan disebabkan oleh karena ...
A. penyalahgunaan wewenang dan kekuasaan
B. pengembalian kredit yang tersendat
C. ketidaksiapan pengusaha pribumi
D. adanya defisit anggaran belanja
E. angka inflasi yang cukup tinggi
UAS- SMA-07-29
Ketidakseimbangan keuangan antara pusat dengan daerah serta kekhawatiran akan meluasnya pengaruh komunisme merupakan salah satu penyebab munculnya gerakan separatis ...
A. APRA
B. Andi Azis
C. DI/TII
D. PRRI
E. Kahar Muzakkar
UAS- SMA-07-30
Ekonomi Terpimpin yang dilaksanakan pada periode pemerintahan presidensil pada tahun 1959 sampai dengan 1966, pada hakekatnya adalah sistem ekonomi ...
A. sosialisme demokrasi
B. kapitalisme modern
C. pasar bebas
D. sosialisme liberal
E. sosialisme







Tidak ada komentar:

Posting Komentar