1. Sejarah
secara etimologis berasal dari bahasa Arab yaitu Syajaratun yang berarti….
a. Silsilah
b. Keturunan
c. Benar-benar
terjadi
d. Riwayat
e. Pohon
2. Sejarah
merupakan suatu kejadian-kejadian. Peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan
manusia yakni ,menyangkut perubahan yang nyata didalam kehidupan manusia.
Pendapat ini di kemukakan oleh……
a.
Roeslan Abdulgani
b.
Thomas Carlyle
c.
Herodotus
d.
R.Moh.Ali
e.
Kuntowijaya
3. Tokoh
yang mendapat julukan “the Father of History” yang berkebangsaan Yunani
adalah…..
a.
Kuntowijayo
b.
R.Moh.Ali
c.
Herodatur
d.
Thomas Carlyle
e.
Roeslan Abdulgani
4. Dalam
masyarakat jawa sering mengartikan sejarah dengan menggunakan istilah…..
a.
Babad
b.
Tambo
c.
Tutui tetek
d.
Centa
e.
Pustaka
5. Dibawah
ini merupakan langkah-langkah metode sejarah, kecuali…..
a.
Heuristik
b.
Metodologi
c.
Verifikasi
d.
Interpretasi
e.
Histeriografi
6. 6. Dalam
pidatonya Ir.Soekarno pernah berpesan dalam nasihatnya yang berbunyi “jas
merah” Ungkapan itu berarti……
a.
Jangan sekali-kali melupakan
sejarah
b.
Sejarah adalah guru
kehidupan
c.
Sejarah adalah pengalaman
d.
Sejarah adalah pengetahuan
e.
Sejarah adalah masa lampau
manusia
7. . Suatu
peristiwa dapat dikatakan sebagai sejarah peristiwa apabila….
a.
Peristiwa itu abadi
b.
Peristiwa itu fakta
c.
Peristiwa itu langka
d.
Peristiwa itu tidak bias
terulang kembali
e.
Peristiwa itu penting
8. Berikut
ini merupakan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu, kecuali….
a.
Objektif
b.
Sistematis
c.
Merupakan hasil eksperimen
d.
Kronologi
e.
Menggunakan metode ilmiah
9. Setelah
kita mengunjungi Keraton Kadriah, kita dapat membayangkan kejayaan kerajaan
Pontianak. Untuk membayangkan kehidupan pada masa silam kita memerlukan….
a.
Inspirasi
b.
Imajinasi
c.
Motivasi
d.
Kronologi
e.
Gaya bahasa
10. . Seorang
sejarawan apabila menulis sejarah sebagai seni harus dilengkapi dengan unsur-unsur…
a.
Intuisi, imajinasi, emosi
dan gaya bahasa
b.
Intuisi, imajinasi dan objek
c.
Subjek, ilmiah dan intuisi
d.
Seni penulisan, imajinasi
dan gaya bahasa
e.
Objek, emosi dan intuisi
11. Berikut
ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan subjektivitas dalam penulisan
sejarah, kecuali…..
a.
Sikap berat sebelah
b.
Prasangka kelompok
c.
Pandangan hidup yang berbeda
tentang penggerak sejarah
d.
Karakter penggerak sejarah
e.
Perbedaan penafsiran dan
latar belakang penulisnya
12. Perhatikan
pernyataan berikut ini!
(1) Melakukan
penyederhanaan
(2) Memudahkan
dalam penulisan
(3) Memudahkan
klasifikasi dalam ilmu sejarah
(4) Mengetahui
peristiwa sejarah secara kronologi
(5) Mempermudah
mengumpulkan jejak-jejak sejarah
Yang
merupakan tujuan dari periodisasi
adalah…..
a.
(1), (3) dan (4)
b.
(1), (3) dan (5)
c.
(1), (2) dan (3)
d.
(2), (3) dan (4)
e.
(1), (4) dan (5)
13. Pengelompokan
suatu peristiwa sejarah yang menonjol dalam satu kesatuan yang utuh dan urut
disebut dengan……
a.
Histeriografi
b.
Eksplanasi
c.
Periodisasi
d.
Fakta
e.
Kronologi
14. Penulisan
suatu peristiwa sejarah yang sesuai dengan urutan waktu kejadian disebut….
a.
Histeriografi
b.
Kronologi
c.
Periodisasi
d.
Sistematika
e.
Empirif
15. Dalam
mempelajari ilmu sejarah diperlukan konsep kronologi dengan tujuan……
a.
Menyeleksi berbagai
peristiwa
b.
Membuat urutan-urutan
peristiwa berdasarkan kejadiaannya
c.
Menetapkan suatu peristiwa
menjadi tonggak zaman
d.
Mengelompokkan berbagai
peristiwa
e.
Mengungkapkan berbagai
peristiwa
16. Dengan
belajar sejarah kita bisa memahami pengorbanan pahlawan pada masa merebut
kemerdekaan Indonesia. Hal ini merupakan salah satu bentuk dari guna edukatif
yang berarti…
a.
Memberikan pendidikan
penalaran
b.
Memberikan pendidikan
politik
c.
Memberikan pendidikan
kejujuran
d.
Memberikan pendidikan
kedisiplinan
e.
Memberikan pendidikan moral
17. Seseorang
yang telah belajar sejarah dalam menghadapi suatu permasalahan akan cenderung
memiliki pola pikir
atau melihat suatu masalah itu dengan….
a.
Kedisiplinan
b.
Kejujuran
c.
Multidimensional
d.
Objektif
e.
Emosi
1 18. Sejarah
tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, sebab….
a.
Manusia sangat tergantung
pada sejarah
b.
Pelaku dan objek penelitian
sejarah adalah manusia
c.
Sejarah tidak akan pernah
berhenti dari kehidupan manusia
d.
Sejarah mempelajari
peristiwa pada masa lampau manusia
e.
Sejarah terjadi dan
berkembang disekitar kehidupan manusia
19. Berdasarkan
manfaat rekreatif, belajar sejarah bererti….
a.
Menjadi sumber inspirasi
b.
Memberikan pendidikan
penalaran
c.
Memberikan pendidikan moral
d.
Tamasya ke masa lampau
e.
Memberikan pendidikan
politik
20. Masa
praaksara adalah masa kehidupan manusia yang belum mengenal tulisan. Masa ini
disebut dengan masa atau zaman…..
a.
Tradisi tertulis
b.
Tradisi lisan
c.
Peradaban
d.
Sejarah
e.
Prasejarah
21. Seorang
ahli sejarah yang mengidentifikasikan unsur-unsur peradaban masyarakat
praaksara sebagai berikut : Bercocok tanam, kepandaian membatik, telah mengenal
alat tukar, mengenal permainan wayang dan sebagainya
adalah…..
a.
Brandes
b.
Koentjaraningrat
c.
M.Ali
d.
Kontawijaya
e.
Rislan Abdulgani
22. Dalam
masyarakat prasejarah. Pewarisan masa lalunya dilakukan dengan cara…..
a.
Tradisi lisan
b.
Puisi
c.
Tradisi tulisan
d.
Media massa
e.
Kidung
23. Menurut
Jan Vansina, pengertian tradisi lisan (oral tradition) adalah…..
a.
Digunakan sepanjang masa
oleh masyarakat
b.
Kesaksian yang diwariskan
secara lisan dari generasi ke generasi
c.
Disampaikan melalui media
tutur
d.
Berkembang pada masa
praaksara
e.
Didukung oleh kebudayaan
nomaden
24. Pada
masyarakat jawa memiliki pedoman untuk menjalankan aktivitas pertanian melalui
bacaan terhadap posisi bintang-bintang dilangit yang disebut….
a.
Pranata politik
b.
Pranata ekonomi
c.
Pranata mangasa
d.
Pranata sosial
e.
Pranata
25. Tradisi
lisan bersifat mnemonik. Hal ini berarti…..
a.
Digunakan sepanjang masa
oleh masyarakat
b.
Disampaikan melalui media
tutur
c.
Berkembang pada masa
praaksara
d.
Pewarisannya dari satu
generasi kepada generasi berikutnya
e. Didukung oleh
kebudayaan nomaden
Tidak ada komentar:
Posting Komentar